Barcode scanner dan solusi penggunaan dengan spesifikasi perangkat pc atau laptop maupun converter &  media lain, terutama saat belum terdeteksi serta bekerja dengan baik.

barcode scanner . spesifikasi . perangkat . converter . solusi . deteksi

Bagi anda yang mungkin baru pertama kali menggunakan program kasir untuk toko terutama yang dikombinasikan dengan perangkat tambahan seperti barcode scanner - sebaiknya memperhatikan spesifikasi maupun hal-hal berikut ini, yang kadang kala kurang diperhatikan namun bisa sangat vital dan bisa menjadi solusi terutama saat scanner susah di deteksi baik dengan cara manual menggunakan converter usb to serial rs232 adapter maupun auto PnP sesuai standar driver OS. Anda bisa menggunakan berbagai merk dan type scanner yang paling anda ingin, atau juga tanpa menggunakan scanner pun program sudah bisa anda gunakan.

Gambar Barcode Scanner Tipe 1

Gambar Barcode Scanner Tipe 2

Gambar Barcode Scanner Tipe 3

Gambar Barcode Scanner Tipe 4

Gambar Barcode Scanner Tipe 5

Contoh Gambar Barcode Scanner (Anda bisa gunakan barcode scanner type dan merk apa saja yang paling anda suka dan terasa nyaman - bebas dan fleksibel)

Sebelum anda menggunakan barcode scanner sebaiknya pastikan beberapa hal berikut :

  • 1. CPU yang akan anda gunakan spesifikasinya sesuai untuk PROGRAM TOKO Fix dan terjamin stabilitasnya, kalau bisa khususkan untuk kebutuhan toko dan program toko saja. Pastikan PORT seperti USB, DB9 / RS232 ada dan terdapat pada PC/Laptop anda.

  • 2. Pastikan semua hardware PC terdeteksi dengan baik, apapun platform OS GUI yang anda gunakan.

Jika kondisi standar tersebut sudah anda penuhi, maka selanjutnya memilih barcode scanner yang sesuai dengan pc yang akan anda gunakan, Terutama perhatikan spek standar barcode scanner.

Secara umum spesifikasi maupun hal yang paling anda perhatikan sebelum membeli barcode scanner adalah sebagai berikut :

  • 1. Koneksinya -> Pilih yang compatible dengan PC Anda, sebaiknya gunakan type USB Versi 2.0 ke atas, karena fleksibel dan universal. Atau bisa dengan versi 1.0, atau bahkan bagi yang sudah punya type rs-232 juga boleh.

  • 2. Radius pembacaan kode, Gunakan yang memiliki radius kepekaan optic antara 15Cm - 30Cm sudah cukup, untuk baca kode barang.

  • 3. Kemudian Type Barcode : Pilih sesuai dengan stok produk yang anda punya, apa termasuk 1D atau 2D, tapi saat ini scanner barcode keluaran baru rata-rata sudah support keduannya 1D dan 2D.

  • 4. Aksesoris seperti -> Adaptor, Converter RS232 to USB (Jika menggunakan).

  • 5. Driver Barcode Scanner yang di gunakan sesuai dengan seri dan type scanner serta compatible dengan OS yang digunakan.

Jika semua kebutuhan perangkat sudah terpenuhi dan sudah diinstallasikan dengan benar, maka tinggal anda tes dahulu kinerja scanner dengan menggunakan editor standar dahulu, seperti notepad / wordpad / rich text, atau bahkan di command promt. Ambil produk atau barang yang sudah ada barcodenya kemudian scan, apakah angka sudah muncul sesuai dengan yang tertera di produk yang anda scan? jika sudah maka scanner barcode siap anda gunakan dengan program toko dan kasir ini. Usahakan jangan melakukan tes Barcode scanner ini menggunakan Mode Hyperterminal, karena pada komunikasi ini khususnya untuk RS-232 DB9, menggunakan type komunikasi AT-COMMAND Line, sedangkan barcode scanner output dan keluaran yang akan dibaca sebagai kode barang adalah mode text atau angka standar bukan Hexadecimal.

Berikut ini adalah suatu cara serta solusi untuk anda yang mungkin barcode scannernya belum bekerja dengan baik. Biasanya scanner yang belum bekerja dengan baik, dipengaruhi beberapa faktor dan kondisi berikut, simak dan sesuaikan dengan kondisi yang anda alami : Sudah scan produk dengan barcode yang sesuai tapi belum muncul angkanya, solusi dan langkahnya :
  • 1. Pastikan adaptor / power sudah terpasang dengan benar.
  • 2. Periksa tombol scan, dan lihat warna laser yang keluar apakah sudah merah, hijau, atau biru, dan sesuaikan dengan scanner anda, Jika belum mengeluarkan sinar dari laser optical berarti ada trouble dari sisi barcode.
  • 3. Periksa konektor yang anda gunakan apa USB / RS323 Db9. Terutama bagi anda yang masih menggunakan RS232 maupun PC-AT Serial versi lama, Gunakan converter seperti : USB-Serial Converter, Atau Serial to PS2, Atau Serial->USB adapter, atau PS2 to USB adapter (Pilih sesuai dengan kebutuhan anda). Saat memasang konverter-konverter ini, jangan langsung menyambung dengan scanner, Pastikan dulu converter sudah bekerja dengan baik dan dengan driver yang tepat sesuai dengan OS yang digunakan. Karena apa? Kadang driver converter ini terdeteksi, tidak ada tanda tanya dan seru di device manajer, tapi conveter belum bekerja dengan baik, Masalahnya biasanya ada pada penggunaan driver yang tidak linear / singkron dan tepat dengan OS yang digunakan. Jika sudah baik dan benar baru gabungkan dengan scanner barcode anda.
Gambar USB to Serial RS232 Adapter
Recomended USB to Serial RS-232 Adapter. Atau pilih jenis converter apa saja yang penting memenuhi standar DB9 RS232 dengan baud rate 9800 dan diatasnya, terdeteksi di COM1-COM14, dengan base address 278 / 378.
  • 4. Jika pada saat di pasangkan dengan converter tersebut ada indikasi found new hardware, maka perhatikan apakah membutuhkan driver barcode scanner atau tidak? Jika menggunakan standar OS biasanya yang terdeteksi adalah Human interface parser atau standar keyboard pc-at, Jika membutuhkan driver biasanya yang terdeteksi adalah seri dan type scanner barcode yang digunakan, maka masukan driver bawaan scanner anda. Tapi rata-rata barcode scanner adalah PnP (Plug and Play).
  • 5. Jika sudah terpasang semua dengan baik dan benar, kembali tes scanner anda untuk scanning barcode yang tertera pada produk yang discan, apakah angka sudah muncul secara keseluruhan? jika angka sudah muncul secara keseluruhan dan sesuai dengan barcode yang di baca, maka barcode scanner sudah bekerja dengan baik.
Jika masih belum ter deteksi atau barcode scanner belum bekerja dengan baik dan maksimal bagaimana? Caranya ada anda tenang, dan cek urut satu persatu, contohnya sebagai berikut :
  • 1. Cek PC yang anda gunakan, terutama apakah ada COM Port atau RS232 onboard? jika ada, maka pada saat pemasangan konverter, pastikan alamat dan addressnya tidak konflik. Atau coba dengan RS232 Onboard. Jika anda menggunakan scanner USB tahap ini tidak masalah.
  • 2. Tes RS232 Connector tersebut dengan device lain seperti HP / Modem atau semacamnya yang masih menggunakan konektor COM DB9 RS232, apakah bisa terdeteksi? dan modem bekerja dengan baik? dan cek diagnostic + query modem, jika mengeluarkan result sesuai dengan standar modem, Maka konektor maupun converter RS232 anda sudah bekerja dengan baik.
  • 3. Berikutnya pasang scanner barcode dan restart PC, perhatikan indikasi : apakah ada found new hardware? Jika ada, maka scanner sudah terdeteksi, jika belum maka scanner barcode masih belum pas atau bisa juga trouble.
  • 4. Untuk yang sampai tahap ini sudah terdeteksi dengan baik, maka tinggal anda cek dengan scan ke produk/barang yang sudah memuat angka barcode, perhatikan result dan hasilnya, apakah sudah mengeluarkan angka dengan normal sesuai dengan yang tertera pada produk. Jika sudah, maka scanner barcode sudah siap digunakan dengan program kasir dan toko.
Sementara itu yang bisa disampaikan, semoga bisa sedikit membantu dan memberikan masukan, dan inti dari semua deskripsi diatas sekaligus memberikan indikasi jika PROGRAM TOKO berbagai VERSI, jika saat anda trial maupun menggunakan full versinya, masih belum mendeteksi Kode barang baik pada saat input stok maupun saat transaksi penjualan di toko oleh kasir anda, Penyebabnya adalah masih pada hardware : baik itu port usb, rs232, maupun compatibillitas scanner yang anda gunakan, dan bukan pada programnya. Karena program kasir dan toko ini sudah dites dengan berbagai merk barcode dan anda juga boleh trial programnya dahulu sebelum menggunakan full versinya. silahkan masuk pada menu dibagian bawah pada support center area.Jika anda berkenan bisa lebih dahulu menyiapkan programnya dan memasangnya pada pc yang tepat dan fix serta prior anda gunakan untuk anda bekerja di toko anda nantinya.
Sebelum dan sesudahnya, Terima kasih atas Kunjungan dan Kepercayaan anda.
Selamat bekerja dan beraktifitas.

MENU NAVIGATIONS : Home . Program Kasir POS . Spek Program . Support Center . FAQ . Harga Paket Lengkap . Promo Spesial . Barcode Scanner . ORDER Pembelian Full Versi . KONFIRMASI TRANSFER / PEMBAYARAN . Client Area Login

Simple Content For Fast Access.

Brand Logo Download Program Kasir Dot COM


admi1 adm2 adm2 adm2
 
W3 Directory - the World Wide Web Directory4story private serverText Back Links ExchangesBid Based Wed DirectoryText Back Link Exchange Free backlink bedava - Free Backlink  - www.linkdevi.combedava - Free Backlink  - www.v8link.com Get listed in the best of website directory for free! This site is listed under Stocks Directory